Home / BERITA PEMDA / Kunjungan DPD RI, Wabup Minta Dibangun Pelabuhan

Kunjungan DPD RI, Wabup Minta Dibangun Pelabuhan

FOTO-A-MM-3-300x200MUKOMUKO – Ingin direalisasikan dibangun pelabuhan di Kabupaten Mukomuko, Wakil Bupati Mukomuko Haidir, S.IP, minta kepada anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H. Ahmad Kanedi, SH, MH, Mukomuko segera dibangun supaya perkembangan perekonomian masyarkat Mukomuko lebih cepat maju.

Adanya pelabuhan, maka pengiriman barang ke Mukomuko bisa dihemat melalui jalur laut. Kemudian sejumlah hasil alam Mukomuko, hasil perkebunan serta hasil pertanian dapat dikirim via pelabuhan. Selama ini, hasil perkebunan serta pertanian dibawa keluar daerah melalui jalur darat.

Karena itu biaya transportasi menjadi mahal. ‘’Kondisi ini menjadi alasan bagi para pemegang modal membeli hasil pertanian maupun perkebunan dengan harga murah,’’ jelas Haidir.

Dampak lainnya, pelabuhan akan buka peluang kerja bagi penduduk Mukomuko. Kemudian aktivitas para nelayan juga bisa lebih tinggi dari yang sekarang dan sangat wajar Mukomuko ada pelabuhan terutama pelabuhan barang. ‘’Jadi

intinya kalau ada pelabuhan ekonomi masyarakat Mukomuko meningkat,’’ ujar Haidir.

Wabup juga minta, DPD RI dapat membantu menyelesaikan tapal batas (tabat) Mukomuko dengan Sumatera Barat (Sumbar). Hingga sekarang soal tabat tidak kunjung tuntas. ‘’Selesaikan segera agar kita tidak dirugikan. Soal tabat ini sangat bikin resah masyarakat,” jelas Wabup.

Menyikapi permintaan wabup, Kanedi mengatakan akan menagih komitmen dari gubernur membangun Mukomuko. Gubernur, lanjut Kanedi, harus satu persepsi untuk Mukomuko. Jadi tidak cukup menyelaraskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), tapi juga harus bisa merealisasikannya.

‘’Jangan hanya kompak di RPJMD, namun pelaksanaan di lapangan tidak sama. Nanti bisa gagal menemukan formulasi mengangkat Mukomuko. Mukomuko harus sejahtera. Soal tabat akan kami kawal, karena penyelesaian soal tabat di Provinsi Bengkulu jadi prioritas

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2016/08/04/kunjungan-dpd-ri-wabup-minta-dibangun-pelabuhan/

Check Also

POLRES MUKOMUKO MELAKSANAKAN VICON KAPOLRI TTG PERSIAPAN PENGAMANAN IDUL ADHA 1438 H.

Rabu (23/08/17) pukul 08.00 Wib bertempat di Ruang Aula Polres Mukomuko dilaksanakan kegiatan Vicon (Video ...