Home / BERITA PEMDA / BANLEG TELAH MEMBAHAS RAPERDA MENARA TELEKOMUNIKASI

BANLEG TELAH MEMBAHAS RAPERDA MENARA TELEKOMUNIKASI

Diskominfo-mukomukokab,-Badan Legislasi (Banleg) DPRD Kab.MM telah membahas Raperda Retribusi Menara Telekomunikasi bertempat di Ruang Rapat Banleg pada Tanggal 9 Agustus 2017 (Rabu). Raperda yang diajukan oleh Diskominfo Kab. MM ini merupakan perubahan Perda Nomor 29 tahun 2017 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi yang tidak dapat diimplementasikan karena terkendala perhitungan pemungutan Retribusi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Peraturan Daerah Kabupaten Mukomuko Nomor 29 Tahun 2011 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi yang menetapkan besaran tarifnya sebesar 2% (dua persen) x dari NJOP PBB Menara Telekomunikasi.


Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-XII/2014, menyatakan bahwa Pasal 124 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 bertentangan dengan UUD 1945 dan penjelasan Pasal tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.Memperhatikan putusan di atas, maka penetapan tarif Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi di Kabupaten Mukomuko yang menetapkan besaran tarif sebesar 2%, dan dengan mengambil penjelasan Pasal 124 UU Nomor 28 Tahun 2009 maka Penarikan Retribusi tidak dapat diterapkan.
Dirjen Perimbangan Keuangan telah menerbitkan tiga surat kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota pasca Pututusan MA. Pada surat tersebut dilampirkan formulasi perhitungan Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi. Tingkat penggunaan jasa sebagaimana diukur dengan perkalian antara indeks peruntukan dengan indeks ketinggian atau dihitung dengan rumus : Tingkat Penggunaan Jasa = (Indeks Peruntukan x Indeks Ketinggian). Ada beberapa pasal yang menjadi pembahasan pada rapat dan telah disepakati sebagai hasil pembahasan untuk dilaporkan pada Rapat Paripurna. Hadir pada pembahasan Raperda ; Ketua dan Anggota Banleg, Para Asisten, Pejabat Bagian Hukum dan Pejabat Diskominfo.

Check Also

KECAMATAN PENARIK JUARA LOMBA MENU SERBA IKAN 2017

Dari hasil perhitungan oleh Dewan Juri didapat pemenang Lomba Diversifikasi Pengolahan Perikanan Kabupaten Mukomuko ; ...