Home / BERITA PEMDA / Masjid Darusallam Ipuh Kabupaten Mukomuko “Budaya Religi nan Eksotis”

Masjid Darusallam Ipuh Kabupaten Mukomuko “Budaya Religi nan Eksotis”

masjid_ipuh2Mukomukokab.go.id,- Kalau anda melintas jalan Lintas Barat Sumatra dan berada di Kecamatan Ipuh anda mempunyai alternatif untuk sholat di Masjid Darusallam yang berada di Desa Medan Jaya. Masjid ini bersebelahan dengan Kantor Camat Ipuh Kabupaten Mukomuko berada persis di tengah Kota Ipuh. Setiap sholat fardhu banyak jamaah yang sholat secara berjamaah dan masjid ini salah satu masjid yang selalu ramai setiap waktu sholat di Kabupaten Mukomuko.

Masjid Darussalam Terletak di jalan lintas Barat Bengkulu-Mukomuko Desa Medan Jaya Kecamtan Ipuh Kabupaten Mukomuko, yang mana masjid ini memiliki ornamen bangunan yang eksotis seperti masjid Jamik Kota Bengkulu dan memiliki Kubah dan Manara bak masjid di negara Arab

Banyak keunikan dan kelebihan yang akan anda temui jika dibandingkan dengan beberapa masjid yang ada di Kabupaten Mukomuko. Jika anda bepergian dan lewat diwaktu subuh sambil sholat anda dapat istirahat dan pegurus telah menyiapkan fasilitas untuk sekadar minum teh atau kopi.Kebersihan masjid ini tidak usah diragukan lagi, kadang kadang sabun di WC pun disiapkan oleh pengurus masjid.

Secara ukuran, masih banyak masjid berukuran lebih besar. Luas areal masjid seluas 4.000 m2 dan luas bangunan 676 m2. Tanah masjid merupakan wakaf dari masyarakat.Jika dilihat dari kelengkapan fasilitas, sarana dan prasarana, masjid yang satu ini belum terkalahkan untuk di Kabupaten Mukomuko.
Masjid dibangun sebagian besar swadaya masyarakat ini, telah dilengkapi perpustakaan terbuka untuk umum, dua unit genset, dua kamar untuk musafir atau orang dalam perjalanan yang hendak menginap serta fasilitas tempat pendidikan Quran (TPQ). Selain areal parkir luas, plus dibangun parkir beratap untuk kendaraan motor roda dua. Tempat wudhu sudah dibuatkan sebanyak 22 titik untuk laki-laki di sisi kiri masjid plus empat kamar toilet. Kemudian lima titik wudhu dan dua kamar toilet untuk perempuan. Juga terdapat 10 titik wudhu untuk umum di sisi kanan masjid.
Dan yang membuat unggul masjid ini dibanding masjid lainnya, dibuatnya usaha yang keuntungan dari usaha itu masuk kas masjid. Pertama usaha isi ulang air galon yang fasilitasnya dibangun di komplek masjid. Juga usaha kolam ikan air tawar, sebanyak dua kolam masing-masing berukuran 1×4 meter, kedalaman 75 centimeter. Lokasinya terletak diantara tempat wudhu laki-laki.
“Pernah menghasilkan ikan hingga 80 kilogram. Jadi jangan heran pas mau berwudhu, lihat ada bentuk bak air diatasnya dikasih tutup jaring halus. Itu kolam ikan, seminggu sekali dikuras, tidak ada aroma tak sedap. Hasilnya Alhamdulillah, keuntungan dari dua usaha ini semuanya masuk kas masjid,” kata Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Darussalam, Alamsyah, S.Pd.I.
Tampilan luar, masjid ini terlihat gagah dengan 27 tiang berbentuk kotak persegi berjejer rapi depan, kiri dan kanan. Melihat ruang dalam, terdapat empat tiang besar penyangga, dinding depan dipasang keramik. Ruang dalam masjid mampu menampung hingga 800 jamaah. Sedang teras masjid mampu menampung hingga 500 jamaah, dan itu aman dari hujan.

Masjid bermenara setinggi 20 meter, sedang bangunan masjid setinggi 18 meter dengan ketinggian kubah masjid lima meter. Di dalam masjid dilengkapi 25 kipas angin dinding, untuk menambah kenyamanan jamaah. “Sengaja tidak dipasang kaca, hanya trali saja, supaya sirkulasi udara selalu segar. Dua kubah masjid didatangkan dari Jakarta. Kalau atapnya ini dari Padang Sumatera Barat, atapnya ini bukan seng, bukan juga asbes dan bukan multiroof,” kata Alamsyah seraya menyebut masjid ini pernah juara satu tingkat kabupaten, dan meraih peringkat kedua tingkat provinsi .masjid_ipuh

Dalam masjid juga telah tertera adab adab yang harus dilakukan seandainya berjamaah di Masjid Darusallam. Misalnya Iqomah hanya dilakukan 10 menit setelah azan, kewajiban mematikan handphone, posisi posisi shaf berjamaah, dan hal hal yang sebaiknya kita lakukan setelah sholat berjamaah. Aturan mekanisme ini kalau di kantor atau perusahaan semacam SOP beribadah di Masjid Darusallam Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh.

Selama bulan Ramadan, di masjid ini tersedia takjil cuma-cuma. Takjil bersumber dari jamaah yang sukarela menyiapkan takjil. Di masjid ini salat tarawih dan witir 11 rakaat, salah subuh disertai doa qunut dan setiap salat subuh hari Jumat, diselingin sujud sajadah.“Di sini tidak ada Muhammadiyah, tidak ada NU. Masyarakat puasa dan lebaran ikut pemerintah. Kalau salat tarawih dan witir di sini 11 rakaat, pakai kultum. Kedepan kami akan meningkatkan sarana parkir, menambah lokasi parkir yang punya atap peneduh,” pungkas Alamsyah.

Pada Hari Raya Idul Adha ada belasan ekor hewan qurban biasanya disembelih, Jika anda mampir di akhir Agustus 2016 terlihat di papan pengumuman sudah cukup banyak daftar jamaah yang akan berkurban untuk tahun ini. Kalau anda penasaran silahkan anda mampir di Kecamatan Ipuh dan beribadah di Masjid Darussalam Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh.

Check Also

KECAMATAN PENARIK JUARA LOMBA MENU SERBA IKAN 2017

Dari hasil perhitungan oleh Dewan Juri didapat pemenang Lomba Diversifikasi Pengolahan Perikanan Kabupaten Mukomuko ; ...