Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko

Jalinbar Nyaris Putus, Perekonomian Mukomuko Terancam Lumpuh

Bupati Mukomuko pagi ini (1/10) mengajak sejumlah wartawan lokal di Kabupaten Mukomuko untuk melihat situasi terkini abrasi yang melanda jalan lintas barat (jalinbar) Bengkulu-Sumatera Barat (Sumbar) sepanjang kurang lebih 200 meter di Desa Air Dikit  atau di lokasi yang di kenal warga sebagai Pantai Abrasi. Jika tidak cepat ditangani abrasi di jalinbar  tersebut dipastikan bakal  memutuskan jalur transportasi Bengkulu-Sumbar.

Diperkirakan, jalan ini akan semakin cepat putus karena jalan ini setiap harinya dilalui mobil-mobil  angkutan berat seperti truk dan tronton  yang setiap satu jamnya  mencapai 20 unit  yang  melintas di jalan yang di bawahnya sudah berbentuk gua tersebut.

Menurut Kabag Humas, Yanzuri,SE, jalinbar ini merupakan satu-satunya jalan utama yang menghubungkan Provinsi Bengkulu-Sumatra barat-Jambi (Kabupaten Kerinci), hingga apabila tidak segera ditangani, dipastikan  akan berimbas pada perekonomian masyarakat  Kabupaten Mukomuko, “memang ada jalur alternatif  untuk menghubungkan Bengkulu-sumbar, yaitu jalan Penarik- lubuk Pinang, tetapi jalan itu medan jalannya tergolong susah untuk dilalui oleh jenis truk angkutan, jadi satu-satunya jalur utama perekonomian masyarakat  ya cuma lewat Pantai Abrasi  ini”, ujar Kabag Humas.

Saat ini sebagai penanda jika jalan itu mengalami abrasi dan rawan longsor, sisi jalan itu sudah dipasang garis Polisi ( Police Line ) dan juga dijejerkan batu seukuran kepalan tangan yang diberikan cat warna putih supaya pengendara berhati-hati saat lewat. Hal itu sudah tepat dilakukan karena sangat berguna sebagai peringatan terutama bagi yang berkendara di malam hari.

 

 

 

 

 

By.Adm.Humas

 

Last Updated on Tuesday, 01 October 2013 04:16

Hits: 1620

LIPI Expo 2013 berlangsung di Bengkulu, 26-30 September

Bengkulu - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan pameran ilmu pengetahuan "LIPI Expo 2013" pada 26 hingga 30 September 2013 di Kota Bengkulu.

"Kegiatan ini adalah pameran LIPI yang keempat, namun yang pertama kali diadakan di luar Jakarta," kata Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dalam sambutannya di Bengkulu, Jumat malam.

Last Updated on Monday, 30 September 2013 02:55

Hits: 1928

Read more: LIPI Expo 2013 berlangsung di Bengkulu, 26-30 September

Mukomuko segera miliki RSUD tipe C

Mukomuko,- Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera memiliki RSUD Tipe C yang pembangunan fisiknya senilai Rp53,67 miliar dikerjakan selama tujuh bulan pada tahun 2012.

"Kegiatan pembangunan fisik  dikerjakan Mei dan paling lama bulan November selesai dan awal 2013 beroperasi," kata Bupati Mukomuko, Ichwan Yunus, di Mukomuko.

Ia menyampaikan target itu, sesuai dengan surat perjanjian yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak antara pihak pusat investasi pemerintah (PIP) dengan Pemerintah Kabupaten Mukomuko.
   

Last Updated on Thursday, 26 September 2013 03:33

Hits: 1691

Read more: Mukomuko segera miliki RSUD tipe C

Bandara Mukomuko gerbang kedua pembangunan pariwisata Bengkulu

Mukomuko - Kabupaten Mukomuko disepakati menjadi pintu gerbang kedua pembangunan pariwisata di Provinsi Bengkulu mengingat letaknya berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi.

"Bandara daerah ini disepakati menjadi pintu gerbang kedua karena setelah bandara Fatmawati kabupaten/kota yang yang memiliki bandara baru Mukomuko dan ini merupakan aset bagi Provinsi Bengkulu untuk memperkenalkan pariwisatanya," kata Bupati Kabupaten Mukomuko Ichwan Yunus di Mukomuko, Minggu.

Begitu juga sebaliknya dengan telah beroperasinya bandara, kata dia, daerah ini termasuk masyarakatnya bisa lebih mudah memperkenalkan semua potensi kekayaan sumber daya alam dan objek wisatanya dan kepada masyarakat luar dan investor.

Karena disepakati sebagai pintu gerbang kedua, kata dia, daerah ini telah memberikan sumbangan bagi pembangunan di Provinsi Bengkulu yang juga pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, bandara daerah ini telah difungsikan lebih kurang dua tahun dan telah melayani jadwal penerbangan dengan sistem charter oleh pesawat susi airline setiap hari dengan rute Bengkulu-Mukomuko dan Mukomuko-Padang.

Kemudian Kementerian Pehubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah memberikan subsidi bagi penerbangan perintis untuk muatan orang dan barang pulang pergi degan rute Padang-Mukomuko dan Mukomuko-Bengkulu oleh pesawat Nusantara Buana Airline dengan jadwal penerbangan dua kali dalam seminggu.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan telah beroperasinya bandara Mukomuko yang dulunya daerah yang paling jauh dari Provinsi Bengkulu melalui jalan darat sejauh 300 kilomtere atau waktu tempuh delapan jam.

Saat ini, lanjutnya, daerah ini paling dekat dengan Kota Bengkulu dengan jarak dan waktu tempuh mengunakan transportasi udara sekitar 30 menit.

Untuk itu, menurut dia, bandara di daerah ini akhirnya disepakati menjadi pintu gerbang kedua pembangunan pariwisata di Bengkulu.

"Semua pembangunan ini telah tertata dengan baik melalui suatu perencanaan yang matang sehingga saat ini out put dari pembangunan bisa diharapkan dan dinikmati oleh masyarakat daerah ini dan Provinsi Bengkulu,

Last Updated on Thursday, 26 September 2013 03:37

Hits: 1648

Warga Mukomuko Operasi Katarak Gratis

Mukomuko,- Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengungkapkan, 194 warga di daerah itu yang menderita mata katarak dibantu biaya operasi gratis oleh pemerintah setempat bekerjasama dengan Komda Lanjut Usia.

"Operasi mata katarak gratis yang digelar oleh pemerintah setempat bekerja sama dengan Komda Lanjut usia (Lansia) berjalan sukses, dan mudah-mudahan mereka yang telah dioperasi sembuh," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Sabrin didampingi Kabid Bina Kesehatan Masyarakat, di Mukomuko, Selasa.

Last Updated on Thursday, 26 September 2013 03:26

Hits: 2748

Read more: Warga Mukomuko Operasi Katarak Gratis

Subcategories

Copyright@Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko Jl.Imam Bonjol No.01 Kota Mukomuko admin@mukomukokab.go.id

Top Desktop version