Home / BERITA PEMDA / KABUPATEN MUKOMUKO MENDAPAT BANTUAN ALAT BERAT

KABUPATEN MUKOMUKO MENDAPAT BANTUAN ALAT BERAT

MUKOMUKO, – Keberadaan TPA sampah yang berlokasi di Desa Selagan Jaya, Kota Mukomuko terus mendapatkan perhatian dan dukungan dari provinsi maupun pusat. Bentuk dukungan dari provinsi dan pusat itu, Kabupaten Mukomuko kembali mendapatkan bantuan satu unit alat berat jenis buldozer. Bantuan itu diperuntukan operasional dalam pengoperasian TPA.

“Bantuan itu dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  melalui Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PSPLP) Provinsi Bengkulu,” ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, Apriansyah ST MT dikonfirmasi BE, kemarin. Menurutnya, bantuan itu merupakan rentetan pembangunan TPA. Awalnya  pusat mengucurkan dana Rp 8 miliar untuk pembangunan TPA, yang dilanjutkan dengan APBD kabupaten sebesar Rp 2 miliar.

“Sebelumnya kita juga  telah mendapatkan satu unit excavator,” bebernya. Keberadaan TPA itu, kata Apriansyah, dipastikan segera beroperasi. Karena berbagai peralatan dinilai cukup lengkap. Saat ini tengah dilakukan pengoralan jalan sepanjang 5 Km menuju TPA tersebut.

“Pengoralan jalan hampir rampung. Sumber anggarannya dari APBD Kabupaten,” katanya. Namun sebelum TPA itu dioperasikan, harus dibentuk UPTD persampahan dan tenaga ataupun  petugas. Diantaranya   operator,  administrasi, tenaga security dan lainnya. Dengan bantuan alat berat diharapkan dapat mendorong pengaturan sampah secara efisien  dan akan meningkatkan kepadatan sampah. Karena jika TPA telah beroperasi sampah – sampah tersebut nantinya akan langsung dijadikan pupuk kompos.  Tentunya harus melalui proses dan adanya tenaga manusia.

“Yang jelas keberadaan TPA di daerah ini sangat di dukung provinsi dan pemerintah pusat.  Bantuan buldozer  itu nantinya akan diserahkan secara resmi dari pusat melalui provinsi ke Pemda. Dalam hal ini akan diterima langsung Bupati Mukomuko,” lanjut Apriansyah.

Sumber : http://bengkuluekspress.com/mukomuko-dapat-buldozer/ 

http://www.antarabengkulu.com/berita/35991/mukomuko-dapat-alat-berat-untuk-tangani-sampah

http://news.metrotvnews.com/read/2016/03/02/492617/kabupaten-mukomuko-akan-dapat-bantuan-alat-berat-untuk-

Check Also

KECAMATAN PENARIK JUARA LOMBA MENU SERBA IKAN 2017

Dari hasil perhitungan oleh Dewan Juri didapat pemenang Lomba Diversifikasi Pengolahan Perikanan Kabupaten Mukomuko ; ...