Home / BERITA PEMDA / “Bupati instruksikan untuk melakukan gerakan mengkonsumsi” KUDAPAN LOKAL DAN MAKANAN KHAS DAERAH MUKOMUKO

“Bupati instruksikan untuk melakukan gerakan mengkonsumsi” KUDAPAN LOKAL DAN MAKANAN KHAS DAERAH MUKOMUKO

14141533_137358336710979_8240959504720123962_n

SKPD DAN SWASTA HARUS MENGUNAKAN PANGAN LOKAL DAN MAKANAN KHAS DAERAH.

Dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap komodi lokal dan peningkatan penganeka ragaman konsumsi pangan/gizi menuju kemandirian serta kedaulatan pangan, Bupati Mukomuko, Choirul Huda menginstruksikan untuk melakukan gerakan mengkonsumsi pangan lokal dan makan khas pada acara rapat/pertemuan kedinasan di lingkup Pemerintah Daerah, Swasta dan Hotel.
Seluruh komponen masyarakat harus menampilkan dan menggalakan ; penyajian makanan dan snack berbahan pangan lokal(non terigu) berasal dari umbi umbian, jagung,pisang sukun ,dan lain lain. Penyajian masakan khas daerah dalam jamuan makan. Dalam instruksi Bupati Mukomuko Nomor Nomor 521/314/E.4/2016 disebut juga agar kantin kantin sekolah menyajikan pangan pangan olahan yang berasal dari pangan yang tersebut di atas.

Gerakan mengkonsumsi pangan lokal adalah bagian dari gerakan nasional yang membangun ketahanan pangan Indonesia. Hakekat dan tujuan dari gerakan ini adalah untuk lebih mengoptimalkan pemantapan sumber daya lokal demi perwujudan ketahanan pangan yang mandiri dan berdaulat. Artinya, dengan mengkonsumsi produk pengan lokal berarti melepas ketergantungan impor, sekaligus menjadi langkah awal menuju kebangkitan nasionalisme pangan.

Pencanangan Gerakan Konsumsi Pangan Lokal ini diharapkan tidak hanya berhenti pada kegiatan instruksi Bupati saja, tetapi harus ditindaklanjuti dengan mempromosikan penganekaragaman konsumsi pangan dengan peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan prinsip gizi seimbang dan sehat.

Peranan seluruh masyarakat di Kabupaten Mukomuko dalam gerakan konsumsi pangan lokal dan makanan khas daerah sangat diperlukan , apalagi belakangan ini marak beredar makanan siap saji seperti KFC yang disukai anak-anak kita, sehingga membutuhkan kerja keras dan sosialisasi kita bersama termasuk sosialisasi untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.(JN)

Check Also

HASIL LELANG JPT KABUPATEN MUKOMUKO

Berdasarkan hasil seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko dan berdasarkan ...