Home / BERITA PEMDA / Mukomuko gelar upacara peringati HUT ke-71

Mukomuko gelar upacara peringati HUT ke-71

P_20160818_121612_pMukomukokab.go.id, –  Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu, menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-71 Republik Indonesia di daerah itu. “Pada HUT ke-71 RI ini mari kita samakan pandangan untuk membela bangsa ini dengan cara bersama-sama membangun Kabupaten Mukomuko,” kata Choirul Huda, di Mukomuko, Rabu. Upacara bendera itu dihadiri oleh Wakil Bupati Mukomuko Haidir, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafkani, Ketua DPRD Mukomuko Armansyah, Kapolres Mukomuko AKBP Sigit Ali Ismanto, Kejari Mukomuko Kepala Kejaksaan Negeri Mukomuko Agus Irawan Yustisianto. Kemudian, Bandar Udara, Badan Pusat Statistik, Badan Pertanahan Nasional, Basarnas, dan Perwira Penghubung. Lalu, mantan bupati setempat Ichwan Yunus, mantan pejabat bupati Gabrie Zainudin, dan mantan wakil bupati Supardji, dan masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, dan seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Bupati Choirul Huda mengajak segenap elemen masyarakat di daerah itu melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan cara mensukseskan pembangunan baik yang sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah setempat. “Saya yakin setiap kita punya kesadaran untuk membela bangsa ini. Caranya dengan mensukseskan pembangunan,” ujarnya. Menurutnya, untuk mencapai pembangunan yang baik dan berkualitas di daerah itu, maka satu pihak dengan yang lainnya harus bersinergi. “Karena kesuksesan dalam pembangunan itu tidak bisa sendiri. Tetapi harus bersama, karena yang merasakan pembangunan itu seluruh masyarakat,” ujarnya. Tugas pemerintah setempat, katanya, melaksanakan  pembangunan di daerah itu. Dan tujunnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu. Terkait dengan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh bupati dan wakil bupati sebelumnya, ia mengatakan, pada prinsipnya akan dilanjutkan. “Semua pembangunan itu baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. Pada kesempatan itu pemerintah setempat memberikan penghargaan berupa piagam dan bingkisan kepada empat orang petugas kesehatan teladan di daerah itu. Empat petugas kesehatan teladan ini berprofesi sebagai dokter, perawat, bidan, dan petugas gizi. petugas kesehatan teladan ini, yakni satu dokter Ferdinan dari puskesmas Kecamatan Penarik, Guntur perawat di puskesmas Kecamatan Pondok Suguh. Kemudian,  Zarliana bidan di puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang, dan Eva Juliani petugas gizi di puskesmas Kecamatan Pondok Suguh. Pemerintah setempat juga memberikan penghargaan berupa piagam dan bingkisan kepada sebanyak 33 orang Veteran TNI dan Polri di daerah itu. Puluhan Veteran ini beradal sari Kecamatan Kota Mukomuko, Desa Pondok Kopi, Desa Medan Jaya, Desa Air Hitam, Desa Mekar Sari, Desa Talang Petai, Desa Resno, Desan Pondok Suguh, dan Desa Sungai Ipuh. Sebanyak 33 orang veteran ini tidak hanya dari TNI dan Polri saja, termasuk beberapa masyarakat yang juga mantan pejuang.

Mukomuko2-kibar-bendera-1-300x200FONNY Maharani, dinobatkan sebagai pembawa baki pada Paskibraka Mukomuko adalam upacara peringatan HUT RI ke-71 di halaman Kantor Bupati Mukomuko, kemarin. Fonny adalah siswa SMAN 1 Mukomuko anak kedua dari 4 bersaudara, buahhati pasangan Afrizon dan Rani warga Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko.

Fonny adalah kelahiran Padang, 5 ktober 1999. Dia mengaku cukup cemas dan gugup saat mendapat tugas pembawa baki. Namun sangat bersyukur, tugas itu terlaksana dengan sempurna.

‘’Yang jelas tadi sempat cemas dan gugup. Alhamdulillah berhasil dan saya sangat bangga,’’ kata Fonny seraya menyatakan bercita-cita menjadi polisi wanita (Polwan).

Ingin menjadi polisi juga diungkap dua pengibar bendera. Andrely Pratama, siswa SMAN 2 Mukomuko dan Erwin Alfajri A, siswa SMAN 1 Mukomuko. Andrely bercita-cita lulus Akademi Polisi (Akpol) dan jadi anggota brimob, dengan mengikuti jejak sang ayah.

Dia putra dari pasangan Darlimansyah dan Desi Nurlinda, warga Blok 2 Desa Sumber Makmur Kecamatan Sungai Rumbai. Andrely kelahiran Bengkulu pada 11 September 2000, menempuh pendidikan di SMAN 2 Mukomuko jurusan IPA.

Sedangkan Erwin, siswa SMAN 1 Mukomuko jurusan IPA, kelahiran Mukomuko, 4 Agustus 2000. Erwin anak kedua dari tiga bersaudara, dari pasangan Lukman Hakim-Ekawati– warga Dusun Gedang Kampung Dalam Kelurahan Pasar Mukomuko Kecamatan Kota Mukomuko.

Yang berbeda adalah Aditya Pratama. Siswa SMAN 1 Mukomuko yang bertugas pengibar bendera ini bercita-cita masuk akademi militer (Akmil). Siswa kelahiran Lubuk Sanai, 23 Juni 1999, anak pertama dari tiga bersaudara buah hari pasangan Ismail dan Sastiwiya.

“Sempat menegangkan, tetapi bersyukur sekali, pengibaran bendera sukses. Ini akan jadi kebanggaan yang tidak terlupakan. Mudah-mudahan ini bisa jadi bekal untuk cita-cita saya bisa masuk Akmil,” harap Aditya.

Check Also

KECAMATAN PENARIK JUARA LOMBA MENU SERBA IKAN 2017

Dari hasil perhitungan oleh Dewan Juri didapat pemenang Lomba Diversifikasi Pengolahan Perikanan Kabupaten Mukomuko ; ...