Home / EKONOMI BISNIS & INVESTASI / Mukomuko Bakal Dapat Tambahan Pabrik CPO

Mukomuko Bakal Dapat Tambahan Pabrik CPO

pabrik-kelapa-sawitPONDOK SUGUH – Mukomuko bakal kembali mendapat tambahan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) yang baru. Jika ada kendala teknis, lokasinya di Desa Tunggang Kecamatan Pondok Suguh. Lokasi ini tak terhalang dengan Peraturan Daerah (Perda) No 6 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Mukomuko Risber A. Razak, mengatakan pasal 37 ayat 2 menerangkan, bahwa ada tujuh kecamatan yang diperuntukkan untuk mendirikan industri menengah seperti dibangunnya pabrik CPO. Adalah Kecamatan Ipuh, Pondok Suguh, Lubuk Pinang, Penarik, Selagan Raya, Teras Terunjam, dan Teramang Jaya.

“Kita belum punya Perda tentang Rencana Detail Tata Ruang. Jadi belum ada pembatasan misalnya kawasan Pondok Suguh. Desa mana saja yang tidak boleh dibangun industri. Artinya, investor baru yang berencana membangun pabrik CPO tidak ada masalah,” jelas Risber.

Diakui Risber, sampai sekarang sang investor belum ada mengurus perizinan di KLH Mukomuko. Tapi KLH Mukomuko akan tetap mempedomani keputusan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Mukomuko yang diketuai Sekda.

Calon investor harus mengurus izin prinsip dulu, muliki rekomendasi desa, camat, izin lokasi, kesesuaian tata ruang dan surat keterangan dari dinas terkait. ‘’Kalau syarat itu sudah terpenuhi, baru kami KLH mempersilahkan mereka susun dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup-Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Sudah Selesai, baru KLH periksa dokumennya,’’ tegas Risber.

Sementara itu Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Mukomuko Musharudin, menjelaskan ada calon investor baru berencana akan mendirikan pabrik CPO dengan kapasitas 60 ton/jam.

Sekarang mereka sedang mengurus lokasi dengan masyarakat dan pemerintahan desa. ‘’Berkasnya belum masuk. Kami menunggu saja. Kalau memang tidak ada masalah tak akan dihambat pengurusan izinan,” demikian Musharudin

Sumber :http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2016/08/04/pabrik-cpo-bertambah/

Check Also

Bupati Upayakan Mukomuko Memiliki Tambak Udang

MUKOMUKO – Gebrakan dilakukan Bupati Mukomuko Choirul Huda, SH. Diam-diam bupati sekarang, sedang merancang agar ...